#TM7.Sun 151017 Logistical System Components
NO
|
KOMPONEN
|
FAKTA
|
PEMAHAMAN
|
1
|
Facility structure
|
“Classical economic analysis had been
deficient in that it neglected the importance of facility location to
operating performance. When economists studied supply-and-demand
relationships within a variety of market structures,locations advantages and
transportations cost differentials were often assumed to be either
nonexistent or equal among competitive firms. Business, in contrast,cannot
neglect the impact of locations structure upon its ability to realize an
adequate return on investment. The network of facilities selected by an
enterprise’s management is fudamental to ultimate logistical results. The
number,size, and geographical arrangement of facilities operated or used bear
a direct relationship to the enterprise’s customer service dapabilities and
corresponding logistical cost outlay.”(hal 43)
|
Analisis ekonomi klasik kurang memadai karena
mengabaikan pentingnya lokasi dan fasilitas terhadap kinerja operasi. Ketika
para ekonomi mempelajari hubungan penawaran dan permintaan di berbagai
struktur pasar, kelebihan lokasi dan perbedaan biaya transportasi seringkali
dianggap tidak ada sama sekali atau sama di antara perusahaan kompetitif.
Bisnis, sebaliknya, tidak dapat mengabaikan dampak struktur lokasi pada kemampuannya
untuk mewujudkan pengembalian investasi yang memadai. Jaringan fasilitas yang
dipilih oleh manajemen perusahaan sangat penting bagi hasil logistik utama.
Pengaturan jumlah, ukuran, dan fasilitas yang digunakan berpengaruh besar
terhadap kemampuan pelayanan pelanggan
perusahaan dan biaya pengeluaran logistik yang sesuai.
|
2
|
Transpotation
|
“Given a facility network,transportation
provides the connecting link. Transportation and traffic management have
received considerable attention over the years. Almost every enterprise of
any size has a traffic manager responsible for administration of its
transportation program.
Generally, an enterprise has three
alternatives in establishing transportation capability. Firts, a private
fleet of equipment may be purchased or leased. Second, specific contracts may
be arranged with transport specialist to provide contract movement service.
Third, an enterprise may engage the services of any legally authorized
transport company that offers point-to-point
transfer at specified charges.
These three forms of transport are known as private, contract, and common carriage.
Form the logistical system viewpoint, three factors are of primary importance
in establishment of the transport service capability: (1) cost,(2) speed, and
(3) consistency.”
(hal 44)
|
Umumnya perusahaan memiliki tiga alternatif
dalam membangun kemampuan transportasi. Yang pertama armada peralatan pribadi
bisa dibeli atau disewa. Yang Kedua, kontrak spesifik dapat diatur dengan
spesialis transportasi untuk menyediakan layanan kontrak. Ketiga, perusahaan
dapat melibatkan layanan dari perusahaan transportasi yang berwenang secara
legal yang menawarkan transfer point-to-point dengan biaya tertentu. Ketiga
bentuk transportasi ini dikenal sebagai kereta pribadi, kontrak, dan umum.
Bentuk sudut pandang sistem logistik, tiga faktor sangat penting dalam pembentukan
kemampuan layanan transportasi: (1) biaya, (2) kecepatan, dan (3)
konsistensi.
Biaya transportasi berasal dari pembayaran
aktual untuk pergerakan antara dua poin, ditambah biaya yang berkaitan dengan
memiliki persediaan dalam transit. Sistim logistik harus dirancang untuk
meminimalkan biaya transportasi sehubungan dengan total biaya sistem.
Kecepatan layanan transportasi adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pergerakan antara dua lokasi untuk meng efektifkan waktu Konsistensi layanan transportasi mengacu pada kinerja waktu yang terukur dari sejumlah pergerakan di dua lokasi.dimana konsisten ini untuk mempertahankan pelanggan. |
3
|
Inventory
|
“the objective of committing as few assets
to inventory as possible. The answer to a sound inventory program is found in
selective deployment centering on four factors: (1) customer qualities (2)
produk qualities (3) tranport integration, and (4) competitor performance”(hal
46)
Selection of a product asssortment to beto
be stocked at specific facility will have a direct impact on transportation
cost.most transpoertation rates are based on shipment size.(hal 46)
|
tujuan untuk melakukan sesedikit mungkin inventori aset. Jawaban atas
program inventarisasi suara ditemukan dalam penyebaran selektif yang berpusat
pada empat faktor: (1) kualitas pelanggan (2) kualitas produk (3) integrasi
tranport, dan (4) kinerja pesaing.
Pemelihan produk yang dipasok pada pada fasilitas tertentu sangat
berpengaruh pada biaya transportasi karena hampir semua biaya transportasi
tergantung pada ukuran barang atau berat.
|
4
|
communication
|
“communication is an often-neglectmactivity
in the logstical system. In the past such neglect was due in part to the lack
of data-processing and data-transmission equipment capable of handling the
necessary flow of information. A more important reason, however, has been the
lack of understanding regarding the impact rapid and accurate communication
can have upon logistical performance.”(hal 46)
Because
a great deal of logistical flow takes place in anticipation of future
transactions, an inaccurate appraisalcan result in inventory deficiency or
inventory over commitment.(hal 46)
Incorrect
information can cause a serious disturbance in system performance, and delays
in comunication flow can amplify the error, causing a series of oscillations
in the system for over- and undercorrection.(hal 47)
.
|
Komunikasi sering terabaikan dalam sistem
logistik. Di masa lalu, kelalaian tersebut sebagian disebabkan oleh kurangnya
peralatan pengolahan data dan transmisi data yang mampu menangani arus
informasi yang diperlukan.
Karena
banyak arus logistik terjadi untuk mengantisipasi transaksi yang akan datang,
penilaian yang tidak akurat dapat mengakibatkan kekurangan atau kelebihan
persediaan.
Informasi
yang salah dapat menyebabkan gangguan serius pada kinerja sistem, dan
penundaan arus komunikasi dapat memperkuat kesalahan, menyebabkan kesalahan
yang mengganggu sistem logistk.
|
5
|
Handling and storage
|
In a broad sense,handling and storage
involves movement,packaging and containerization. Handling accounts for a
great deal of the cost of logistics in terms of operations and capital
expenditure. It stands to reason that the fewer times a product has to be
handled in the total process, the less restricted and more potentially
efficient will be the total physical flow.
|
Dalam arti luas, penanganan dan penyimpanan
melibatkan pergerakan, pengemasan dan kontruksi. Penanganan menyumbang banyak
biaya logistik dalam hal operasi dan belanja modal. Dengan alasan bahwa
semakin sedikit produk yang harus ditangani dalam proses total, semakin
sedikit hambatan dan efisiensi akan menjadi aliran fisik total.
|
Kesimpulan
1. Pemilihan
lokasi fasilitas yang efektif akan menghasikan keuntungan yang signifikan
2. Memilih
transportasi harus menggunakan 3 aspek yang pertama cost,speed,consistensi
kalau 3 aspek terpenuhi dengan harga yang rendah kecepatan tepat waktu dan
konsisten dalam pengiriman barang.
3. Persediaan
yang ada hanya jumlah terminimum untuk memperkecil biaya.
4. Komunikasi
tentang logistik sangat penting apabila
salah komunikasi akan merusak sistem logistik yang sedang berjalan
5. Penanganan
barang sangat penting untuk menghidarkan kerusakan barang yang akan merugikan
perusahaan dan pelanggan.
Komentar
Posting Komentar