#TM7.Sun 151017 Logistical System Components

NO
KOMPONEN
FAKTA
PEMAHAMAN
1
Facility structure
“Classical economic analysis had been deficient in that it neglected the importance of facility location to operating performance. When economists studied supply-and-demand relationships within a variety of market structures,locations advantages and transportations cost differentials were often assumed to be either nonexistent or equal among competitive firms. Business, in contrast,cannot neglect the impact of locations structure upon its ability to realize an adequate return on investment. The network of facilities selected by an enterprise’s management is fudamental to ultimate logistical results. The number,size, and geographical arrangement of facilities operated or used bear a direct relationship to the enterprise’s customer service dapabilities and corresponding logistical cost outlay.”(hal 43)
Analisis ekonomi klasik kurang memadai karena mengabaikan pentingnya lokasi dan fasilitas terhadap kinerja operasi. Ketika para ekonomi mempelajari hubungan penawaran dan permintaan di berbagai struktur pasar, kelebihan lokasi dan perbedaan biaya transportasi seringkali dianggap tidak ada sama sekali atau sama di antara perusahaan kompetitif. Bisnis, sebaliknya, tidak dapat mengabaikan dampak struktur lokasi pada kemampuannya untuk mewujudkan pengembalian investasi yang memadai. Jaringan fasilitas yang dipilih oleh manajemen perusahaan sangat penting bagi hasil logistik utama. Pengaturan jumlah, ukuran, dan fasilitas yang digunakan berpengaruh besar terhadap kemampuan  pelayanan pelanggan perusahaan dan biaya pengeluaran logistik yang sesuai.

2
Transpotation
“Given a facility network,transportation provides the connecting link. Transportation and traffic management have received considerable attention over the years. Almost every enterprise of any size has a traffic manager responsible for administration of its transportation program.
Generally, an enterprise has three alternatives in establishing transportation capability. Firts, a private fleet of equipment may be purchased or leased. Second, specific contracts may be arranged with transport specialist to provide contract movement service. Third, an enterprise may engage the services of any legally authorized transport company that offers point-to-point  transfer  at specified charges. These three forms of transport are known as private, contract, and common carriage. Form the logistical system viewpoint, three factors are of primary importance in establishment of the transport service capability: (1) cost,(2) speed, and (3) consistency.”
(hal 44)
 Umumnya perusahaan memiliki tiga alternatif dalam membangun kemampuan transportasi. Yang pertama armada peralatan pribadi bisa dibeli atau disewa. Yang Kedua, kontrak spesifik dapat diatur dengan spesialis transportasi untuk menyediakan layanan kontrak. Ketiga, perusahaan dapat melibatkan layanan dari perusahaan transportasi yang berwenang secara legal yang menawarkan transfer point-to-point dengan biaya tertentu. Ketiga bentuk transportasi ini dikenal sebagai kereta pribadi, kontrak, dan umum. Bentuk sudut pandang sistem logistik, tiga faktor sangat penting dalam pembentukan kemampuan layanan transportasi: (1) biaya, (2) kecepatan, dan (3) konsistensi.
Biaya transportasi berasal dari pembayaran aktual untuk pergerakan antara dua poin, ditambah biaya yang berkaitan dengan memiliki persediaan dalam transit. Sistim logistik harus dirancang untuk meminimalkan biaya transportasi sehubungan dengan total biaya sistem.

Kecepatan layanan transportasi adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pergerakan antara dua lokasi untuk meng efektifkan waktu

Konsistensi layanan transportasi mengacu pada kinerja waktu yang terukur dari sejumlah pergerakan di dua lokasi.dimana konsisten ini untuk mempertahankan pelanggan.
3
Inventory
“the objective of committing as few assets to inventory as possible. The answer to a sound inventory program is found in selective deployment centering on four factors: (1) customer qualities (2) produk qualities (3) tranport integration, and (4) competitor performance”(hal 46)

Selection of a product asssortment to beto be stocked at specific facility will have a direct impact on transportation cost.most transpoertation rates are based on shipment size.(hal 46)

tujuan untuk melakukan sesedikit mungkin inventori aset. Jawaban atas program inventarisasi suara ditemukan dalam penyebaran selektif yang berpusat pada empat faktor: (1) kualitas pelanggan (2) kualitas produk (3) integrasi tranport, dan (4) kinerja pesaing.

Pemelihan produk yang dipasok pada pada fasilitas tertentu sangat berpengaruh pada biaya transportasi karena hampir semua biaya transportasi tergantung pada ukuran barang atau berat.
4
communication
“communication is an often-neglectmactivity in the logstical system. In the past such neglect was due in part to the lack of data-processing and data-transmission equipment capable of handling the necessary flow of information. A more important reason, however, has been the lack of understanding regarding the impact rapid and accurate communication can have upon logistical performance.”(hal 46)

Because a great deal of logistical flow takes place in anticipation of future transactions, an inaccurate appraisalcan result in inventory deficiency or inventory over commitment.(hal 46)

Incorrect information can cause a serious disturbance in system performance, and delays in comunication flow can amplify the error, causing a series of oscillations in the system for over- and undercorrection.(hal 47)



.

Komunikasi sering terabaikan dalam sistem logistik. Di masa lalu, kelalaian tersebut sebagian disebabkan oleh kurangnya peralatan pengolahan data dan transmisi data yang mampu menangani arus informasi yang diperlukan.

Karena banyak arus logistik terjadi untuk mengantisipasi transaksi yang akan datang, penilaian yang tidak akurat dapat mengakibatkan kekurangan atau kelebihan persediaan.

Informasi yang salah dapat menyebabkan gangguan serius pada kinerja sistem, dan penundaan arus komunikasi dapat memperkuat kesalahan, menyebabkan kesalahan yang mengganggu sistem logistk.
5
Handling and storage
In a broad sense,handling and storage involves movement,packaging and containerization. Handling accounts for a great deal of the cost of logistics in terms of operations and capital expenditure. It stands to reason that the fewer times a product has to be handled in the total process, the less restricted and more potentially efficient will be the total physical flow.
Dalam arti luas, penanganan dan penyimpanan melibatkan pergerakan, pengemasan dan kontruksi. Penanganan menyumbang banyak biaya logistik dalam hal operasi dan belanja modal. Dengan alasan bahwa semakin sedikit produk yang harus ditangani dalam proses total, semakin sedikit hambatan dan efisiensi akan menjadi aliran fisik total.

Kesimpulan
1.    Pemilihan lokasi fasilitas yang efektif akan menghasikan keuntungan yang signifikan
2.    Memilih transportasi harus menggunakan 3 aspek yang pertama cost,speed,consistensi kalau 3 aspek terpenuhi dengan harga yang rendah kecepatan tepat waktu dan konsisten dalam pengiriman barang.
3.    Persediaan yang ada hanya jumlah terminimum untuk memperkecil biaya.
4.    Komunikasi tentang logistik sangat penting apabila  salah komunikasi akan merusak sistem logistik yang sedang berjalan
5.    Penanganan barang sangat penting untuk menghidarkan kerusakan barang yang akan merugikan perusahaan dan pelanggan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

#TM10.jumat.011217. ECO-AIRPORT

#TM-9 JUMAT 241117 STRATEGI PEMBANGUNAN TRANSPORTASI LAUT

#TM5 LOGISTICS HISTORY